Mengoptimasi Website Dan Pemasaran Online. Investasi dan Aset Terbaik Untuk Bisnis?

Komentar · 155 Views

Situs yang dioptimasi dengan baik, memungkinkan mendapat peringkat di Google. Dan itu secara otomatis akan mendatangkan traffic tinggi. Inilah kenapa optimasi website adalah bentuk investasi untuk aset pemasaran online.

Dengan penjualan online yang terus tumbuh secara eksponensial pada tahun 2020, dan beberapa tahun sebelumnya, optimasi website harus menjadi salah satu bagian yang lebih penting, dari rencana investasi anggaran pemasaran Anda.

Menurut Fitsmallbusiness.com, 9 persen dari penjualan ritel yang dilakukan, secara online, angka itu diperkirakan akan tumbuh sebesar 12,4 persen pada tahun 2020.

Statista.com melaporkan bahwa, survei April 2017, 40 persen dari mereka yang menggunakan internet, menjadi potensi penjualan online. Dan biasanya, melakukan transaksi beberapa kali per bulan. Dari mereka, 20 persen mengatakan, mereka membeli produk dan layanan online setiap minggu.

Potensi Pasar Online

Jika Anda berpikir untuk menjangkau pasar online, hal utama yang perlu dilakukan adalah; strategi bagaimana lalu lintas internet, khususnya melalui search engine dapat menemukan produk atau layanan Anda. 

Dalam hal ini, tentunya, dibutuhkan alat. Dan alat itu, salah satu yang paling krusial adalah website.  

Atau setidaknya, Anda terdaftar di Google Map. Melalui aplikasi gratis Google Bisnis ku dari Google. Tapi, kali ini kita tidak berbicara tentang Google Map, atau Google Bisnis. Yang cara kerjanya, lebih pada optimasi SEO lokal. Mungkin, pada postingan selanjutnya, akan saya bahas. 

Website penting! Ia adalah aset sekaligus alat yang memungkinkan eksistensi bisnis Anda hidup di internet.  

Rencana optimasi website, mencakup beberapa faktor. Ini bertujuan untuk meningkatkan branding bisnis Anda.

Dimulai dari strategi Search engine Optimazion (SEO), media sosial, hingga website yang ramah seluler. 

Dalam hal ini, seharusnya, pelaku bisnis memperlakukan website, seperti layaknya toko nyata. Dimana harus  mengelola reputasi bisnis secara online.

Ketika berbicara tentang bagaimana mengoptimasi website, ini dijelas berbicara tentang strategi SEO. Baik SEO On Page mau pun SEO Off Page. Baca juga, apa itu SEO

Secara sederhana, SEO merupakan serangkaian upaya untuk mendorong website Anda mendapat peringkat di mesin pencari. Jadi, apa pun tindakan yang memungkinkan website Anda terindeks dan berada di halaman pencarian, itu bisa disebut sebagai strategi SEO. 

Setelah merek Anda aktif dan berjalan, Anda perlu mengelola reputasinya. Anda dapat melakukan ini secara mendiri, atau menggunakan perusahaan optimasi website profesional.

Beberapa langkah utama optimasi website:

Ketahui situs mana yang bisa memberi Anda space ulasan atau berbicara tentang website Anda, termasuk Google Bisnisku, TrustPilot, Facebook, atau POSTING.ID dimana artikel ini di publish.  

Khusus untuk Posting.id, ini situs yang baru saya kenal. Saya sendiri tidak tahu, sejak kapan operasionalnya dimulai. Dan tidak juga bertanya pada pihak Admin. 

Posting.Id. adalah produk anak Indonesia. Cara kerjanya, menyerupai Facebook. Saya berpikir, jika ini dikelola dengan konsisten dan baik, akan memiliki masa depan yang cerah. 

Mari kita kembali ke topik.

Ulasan atau konten yang ditempatkan di berbagai flatform termasuk media sosial, menjadi corong efektif pemasaran Anda. Dan disisi lain, jika memungkinkan, Anda dapat menempatkan link yang mengarah ke situs Anda. 

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang cara membuat backlink berkualitas di Posting.ID. Anda bisa baca di sini: Dasar-dasar backlink building

Jika Anda tidak menggunakan perusahaan optimasi website profesional untuk membantu mengelola reputasi bisnis Anda, tetapkan ini ke salah satu karyawan tepercaya Anda. Untuk membantu Anda dalam hal ini, karena ini bisa memakan banyak waktu.

Pastikan Anda menghabiskan waktu dengan reputasi bisnis Anda, sebagai aktivitas dari strategi pemasaran online Anda.

Posting ulasan positif diberbagai media membuat halaman Anda berada di depan lebih banyak orang. 

Pemasaran Online

Sebagai bagian dari strategi pemasaran online, Anda harus menggunakan beberapa tindakan dan menjadi akrab dengan definisi pemasaran internet termasuk:

Optimalisasi mesin pencari (SEO):

Ini meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari, melalui kata kunci di website Anda.

Hubungan masyarakat:

Memungkinkan Anda untuk meningkatkan tingkat konversi dan membawa lebih banyak tindakan menuju strategi Anda.

Anda mungkin menjadi sumber dalam sebuah artikel dengan imbalan tautan balik ke website Anda. Anda baru saja meningkatkan potensi klik oleh jumlah orang yang membaca artikel itu.

Blogging dan blogging tamu:

Blogging di situs Anda sendiri membantu mengajak orang masuk, tetapi blog tamu di situs orang lain dengan tautan ke halaman situs Anda di biografi Anda, akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

Media sosial:

Ini termasuk Facebook, Twitter, Google, Pinterest, LinkedIn dan situs media sosial lainnya. Pemasaran melalui situs-situs ini, mirip dengan pemasaran email. Dan bisa sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas website.

Bayar per klik:

Ini juga dikenal sebagai PPC, bayar per klik adalah iklan yang Anda bayar — per klik — yang mengarahkan lalu lintas ke website bisnis Anda. Membayar harga tertentu untuk setiap klik pada iklan Anda di mesin pencari untuk membawa pengguna ke situs Anda. Terserah Anda untuk mengonversi minat itu menjadi penjualan, atau apa.

Penargetan Ulang:

Seorang konsumen mengklik salah satu iklan Anda. Dan iklan itu menempatkan cookie di komputer konsumen. Ketika konsumen meninggalkan website Anda, ia akan mulai melihat iklan Anda lagi.

Sekitar 98 persen pengunjung pergi tanpa membeli sesuatu. Iklan ini menargetkan pengguna tersebut untuk membuat mereka kembali ke website Anda.

Pemasaran tambahan mungkin termasuk video YouTube, dari mulut ke mulut melalui media sosial, forum dan pemasaran email.

Anda harus menggunakan semua bentuk kesuksesan bisnis online. Sehingga mendapat perhatian penuh dari calon pelanggan untuk produk dan / atau layanan Anda.

Komentar
Download Aplikasi POSTING.ID Untuk Akses Cepat!